Posted on

Bayan Beleq, Masjid Bambu Tertua di Lombok.

Pulau lombok, sebuah pulau kecil yang berada di Nusa Tenggara Barat (Kepulauan Sunda Kecil) berpenduduk sekitar 2juta jiwa dengan 95% penduduk asli suku sasak (Ras tipe Melayu) dan mayoritas berpenduduk muslim ini lebih dikenal karena alam dan pariwisatanya, seperti gunung Rinjani, pantai Senggigi, Gili Trawangan, Sembalun dan lainnya, namun lebih dari itu ternyata pulau Lombok menyimpan jejak penginggalan sejarah islam tertua yaitu masjid bambu Bayan Beleq.

Berdasarkan informasi masyarakat setempat, masjid bayan Beleq diperkirakan dibangun pada abad ke 17 masehi oleh Syeh Gaus Abdul Razak. Terdapat bukti sejarah saat ini, yaitu makam sang pendiri yang berada di dalam masjid tersebut dan juga terdapat dua gubuk kecil disamping luar yang juga didalamnya terdapat makam beberapa makam ulama lainnya yang turut membangun dan menjaganya sedari awal.

Masjid ini memiliki keunikan arsitektur pada penggunaan material bambu. Dinding dibuat rendah yang terbuat dari anyaman bambu, atap tumpang tersusun dari bilah-bilah bambu dan lantai tanah yang dialasi dengan tikar bambu. Masjid ini memiliki ukuran 9×9 meter dan pada sudut ruang masjid terdapat empat tiang utama sebagai penopang yang terbuat dari kayu nangka berbentuk silinder.

Konstruksi Masjid Kuno Bayan Beleq memiliki makna filosofi yang terdiri dari kepala, badan dan kaki yang menggambarkan dunia atas, dunia tengah dan dunia bawah yang merupakan satu kesatuan dalam entitas kosmos masyarakat Lombok Utara.

Nah bagi Anda yang ingin berwisata religi mengunjungi keunikan masjid bambu Bayan Beleq, untuk mengakses kecamatan Bayan tidaklah sulit, masjid ini terletak di jalan Labuan lombok, desa Bayan, kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat atau sekitar 80 km dari ibukota provinsi NTB, yakni Mataram.

Dari Kota Mataram Anda bisa melalui rute Mataram – Senggigi – Pemenang – Tanjung – Gangga – Anyar – Bayan dengan menggunakan transportasi umum menuju Kecamatan Bayan. Namun, untuk kenyamanan berwisata dengan pertimbangan ketersediaan angkutan umum dan waktu tempuh, disarankan bagi para wisatawan untuk menggunakan kendaraan sewaan. Dengan menyewa kendaraan, selain bisa berhenti di beberapa tempat menarik yang terdapat dalam sepanjang jalan menuju Kecamatan Bayan, Anda juga dapat mengatur waktu kunjungan dengan lebih leluasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*