Posted on

Inilah Penjelasan Logis Permainan Bambu Gila.

Bambu Gila adalah kesenian tradisi dari masyarakat Maluku. permainan bambu gila ini memiliki nama asli Baramasewel yang konon sudah ada sebelum tersebarnya agama Islam dan Kristen di tanah Maluku. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, permainan ini sebenarnya melibatkan kekuatan supranatural untuk menjalankannya, terkadang memakai ritual tertentu.

Cara memainkannya termasuk terbilang mudah, sebatang bambu dengan ukuran lebih kurang 6-7cm dipegang oleh beberapa orang laki-laki dengan kedua tangannya, lalu oleh seorang dukun bambu tersebut diberi mantera dengan cara meniupkan asap pembakaran kemenyan kedalam bilah bambu. Setelah itu baru tampak nuansa magisnya, bambu tersebut terlihat terasa berat hingga orang-orang yang memegangnya berjatuhan ke tanah, seperti ada efek dorongan yang kuat. Bahkan tidak hanya terlihat berat, bambu ini juga akan bergoyang ke kanan dan ke kiri mengikuti alunan musik.

Lebih lengkapnya simak video bambu gila berikut :

Ideomotor Phenomenon

Jika dilihat dari video di atas, puncak dari permainan ini adalah bambu bergerak sendiri atau liar tanpa di sentuh, cara memainkannya pun harus di pegang oleh kedua tangan, baru kelihatan gaib nya.

kenapa harus dipegang bambunya? untuk memberikan efek ideomotor, dimana otot-otot motorik para pemain sebenarnya yang menggerakan bambu tersebut seolah-olah terjadi dorongan antara pemain satu dengan yang lainnya. Jadi bisa dikatan bukan sesuatu yang gaib, sang pemain bambu gila telah tersugesti dengan hal gaib ketika memainkan itu. Secara tak sadar atau setengah sadar mereka sebenarnya telah melakukan gerakan kebambu tersebut, itulah efek ideomotor. Selengkapnya Anda dapat mengetahui apa itu efek ideomotor dengan mengunjungi link berikut : https://en.wikipedia.org/wiki/Ideomotor_phenomenon

Pada akhirnya, terlepas apakah Anda percaya atau tidak secara gaib itu akan kembali kepada Anda, namun yang terpenting adalah permainan rakyat ini lestari sebagai kekayaan budaya Indonesia asli, artikel ini hanya membantu mengimbangi dan menjelaskan permainan tersebut dari sisi logisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*