Posted on

Makanan Populer Dari Olahan Rebung Bambu

Rebung merupakan tunas muda tanaman bambu yang muncul di permukaan dasar rumpun. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah sampai di tempat dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Tunas bambu muda tersebut enak dimakan, sehingga digolongkan ke dalam sayuran. Rebung yang sering dikenal dengan nama bung (bahasa Jawa), oleh masyarakat pedesaan sudah sejak zaman dahulu dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Dalam bahasa Inggris, rebung dikenal dengan sebutan bamboo shoot.

Rebung tumbuh dibagian pangkal rumpun bambu dan biasanya dipenuhi oleh glugut (rambut bambu) yang gatal. Morfologi rebung berbentuk kerucut, setiap ujung glugut memiliki bagian seperti ujung daun bambu, tetapi warnanya cokelat. Pemanenan rebung dapat dilakukan sepanjang tahun. Panen raya rebung terjadi pada musim hujan, yaitu antara bulan Desember-Februari. Biasanya rebung dipanen saat tingginya telah mencapai 20 cm dari permukaan tanah, dengan diameter batang sekitar 7cm.

Kandungan serat pangan pada rebung juga cukup baik Kandungan serat pangan pada rebung adalah 2,56 persen, lebih tinggi dibandingkan jenis sayuran tropis lainnya, selain itu rebung mempunyai kandungan kalium cukup tinggi. Kadar kalium per 100 gram rebung adalah 533 mg. Makanan yang serat kalium, yaitu minimal 400 mg, dapat mengurangi risiko stroke.

Tidak semua jenis rebung bambu dapat dimanfaatkan menjadi makanan olahan, hanya beberapa jenis bambu tertentu yang bisa diantaranya adalah bambu betung (Dendrocalamus Asper), bambu legi (Gigantochloa Atter), bambu mayan (Gigantochloa Robusta), bambu tabah (Gigantochloa Nigrociliata).

Membersihkan Rebung

Sebelum mengolahnya menjadi makanan sebaiknya rebung dicuci beberapa kali dengan air yang mengalir hingga aromanya sedikit berkurang. Selain itu untuk mengurangi aroma rebung yang tajam adalah dengan cara merebus rebung dalam air kelapa hingga mendidih beberapa saat. Kemudian bilas dengan air bersih dan rebus kembali dengan air hingga lunak.

Olahan Rebung Bambu

Setelah bahan baku rebung selesai dibersihkan, rebung bambu tersebut dapat langsung digunakan untuk membuat beberapa ragam jenis masakan olahan khas Indonesia dan berikut beberapa jenisnya yang saat ini cukup populer dikalangan masyarakat kita.

  1. Gulai Rebung.

Siapa tak kenal gulai? masakan asli khas Minangkabau itu kini tak lagi dominan berbahan dasar daging namun juga dari rebung bambu. Bagi sebagian orang yang sudah mencicipinya, gulai rebung ini memiliki cita rasa pedas namun sangat lezat saat dihidangkan bersamaan dengan nasi hangat atau nasi lontong.

Seperti halnya masakan padang lainnya yang mempunyai ciri khas masakan yang begitu kental dengan aroma rempah-rempah, gulai rebung juga dimasak dengan cara direbus di dalam kuah santan yang telah diisi dengan rempah-rempah tersebut. Bagi anda pecinta masakan gulai tidak ada salahnya mencoba masakan gulai rebung bercita rasa pedas ini.

  1. Sayur Rebung.

Pasti sebagian besar dari kita pernah mencoba sayur lodeh, sayur berkuah yang biasanya terbuat dari santan kental dan memiliki warna kuning ini siapa yang sangka dengan memanfaatkan rebung bambu kelezatannya tak kalah dari lodeh nangka. Cara pembuatannya pun sama dengan membuat sayur lodeh seperti biasanya, yang membedakan adalah penggunaan pada bahan baku rebung.

Selain sayur lodeh, pemanfaatan rebung bambu juga banyak disajikan oleh masyarakat menjadi menu semur rebung.

  1. Keripik Rebung.

Satu lagu camilan yang sangat minati masyarakat Indonesia yaitu keripik, makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati ini mempunyai cita rasa yang gurih dan renyah, biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu. Kini bahan baku rebung tidak dominan umbi-umbian, pemanfaatan rebung menjadi camilan keripik sudah mulai diberdayakan karena dianggap mempunyai keunikan dan nilai gizi yang tinggi merupakan suatu kelebihan tersendiri.

  1. Nugget Rebung.

Nugget yang biasa Anda tahu biasanya adalah salah satu pangan dari hasil olahan daging ayam dan berwarna kuning keemasan. Berbahan dasar potongan daging ayam, tepung-tepungan, dan bumbu-bumbuan, namun saat ini rebung bambu telah digunakan untuk bahan dasar pembuatan nugget.

Dalam pengolahannya, rebung bambu ini diiris menjadi potongan-potongan pipih, kemudian irisan rebung tersebut dicampur dengan telur yang sudah dikocok kemudian celupkan kedalam adonan tepung yang sudah diberi bumbu, kemudian digoreng hingga matang.

Referensi :

http://www.duniainter.net/cara-membuat-gulai-rebung-pedas-yang-lezat/
http://icity.indosat.com/t5/Duta/RESEP-MAKANAN-Nugget-Rebung/td-p/191191
http://yoeniyhan.blogspot.co.id/2010/09/keripik-rebung-kaya-serat-dan-kalium.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*