Posted on

Sepeda Bambu, Manfaat dan Keunikannya Yang Layak Anda Coba

Sepeda merupakan alat transportasi ramah lingkungan yang akhir-akhir ini sangat digemari. Khusus dikota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, bersepeda diakhir pekan merupakan olah raga rutinitas bagi warga setempat. Dan pada hari-hari kerja sepeda terbukti sangat efektif menembus padatnya kemacetan kota.

lazimnya sepeda berbahan material metal ataupun carbon filter, namun baru-baru ini yang lagi ngetrend adalah sepeda berbahan material bambu. Material bambu digunakan sebagai kerangka utama serta masih dikerjakan dengan metode manual kerajinan tangan.

Bambu dinobatkan sebagai icon material ramah lingkungan dan material terbarukan dengan tingkat pertumbuhan cepat. Umur 4 tahun sudah siap digunakan.

Dibandingkan sepeda biasa, sepeda bambu ternyata memiliki manfaat dan keunikannya tersendiri diantaranya :

Sebagai rangka sepeda, bambu memiliki karakteristik ringan dan kuat. Mampu menyerap getaran lebih baik dibandingkan material metal maupun carbon fiber sehingga aman dan nyaman saat dipakai.

Materialnya relatif murah, mudah didapat, dan mudah didaur ulang, proses pembuatannya pun tidak menimbulkan carbon trace yang tinggi seperti pembuatan sepeda biasa. Merupakan solusi hijau seiring dengan pembatasan carbon untuk mencegah pemanasan global.

Solusi atasi kemacetan dan polusi yang cukup tinggi di perkotaan, terutama di Jakarta dan Surabaya. Sehingga dengan mempertimbangkan kondisi geografis, botanis, dan demografis Indonesia mendukung potensi pasar untuk sepeda bambu.

Dan yang terakhir adalah punya nilai karya seni tinggi. Bukan hanya unik tapi jelas fungsi dan manfaatnya. Bisa dipergunakan untuk mengikuti kejuaraan balap sepeda tingkat dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*