Posted on

Souvenir Khas Jogja

Berkesempatan mengunjungi Jogja sebagai destinasi wisata, tentu tak lengkap jika pulang tanpa membawa oleh-oleh berupa jajanan atau souvenir khas Jogja untuk sanak keluarga di rumah.

Untuk jajanan (makanan ringan) ada sederet nama yang sudah populer dan dikenal selama ini, diantaranya Bakpia Patok, Yangko, Geplak, Gudeg Kering dan Cokelat Monggo.

Tak kalah populer dengan jajanan, souvenir juga memiliki sederet nama yang juga telah terkenal, diantaranya ada kaos Dagadu dengan taglinenya kaos peka jaman, batik Jogja (Beringharjo), cincin dan kalung perak (Kota Gede), gerabah (Kasongan), jaket kulit (Manding), keramik (Pasar Seni Gabusan) dan Pernak-pernik (Malioboro). Semua mengidentikkan produk kerajinan khas Jogja.

Souvenir Khas Jogja Dari Bambu

Menjadi hal umum dan biasa saja rasanya jika membahas souvenir yang telah populer dan sudah lama keberadaannya, namun kali akan dibahas produk souvenir yang berbeda, yang unik, etnik, khas Jogja dan sudah cukup lama namun belum dikenal luas oleh masyarakat luas.

Tempat Pensil BambuSouvenir ini berupa tempat pensil dan celengan yang terbuat dari bahan dasar bambu, bambu yang digunakan adalah jenis bambu hitam. Disebut juga pring wulung atau bahasa ilmiahnya Gigantochloa Atroviolacea.

Tersedia dalam bentuk ukiran (Punokawan, Mbok jamu gendong) dan tempel (batik, wayang).

Motif Ukir Bambu

Jika Anda berjalan di sepanjang emperan Malioboro sisi selatan jalan tepatnya Jl. Malioboro, Selatan gerbang kantor Kepatihan/kantor Gubernur DIY. maka Anda akan menemukannya dengan mudah. Ya, sangat mudah, karena di area tersebut hanya ada satu lapak yang khusus memamerkan kerajinan bambu saja.

Souvenir dari bambu ini bisa dikategorikan kedalam kategori khas Jogja, karena kesan etnik dan tradisional. Memasukkan unsur nilais kearifan lokal, berikon (icon) batik, wayang punokawan dan jamu gendong yang identik melekat pada kultur budaya masyarakat jawa Jogja.

Umunya, selain dijadikan souvenir wisata, juga dapat dijadikan sebagai souvenir pernikahan atau untuk acara-acara khusus tertentu. Misalnya, ulang tahun, business services, temu alumni, training atau acara-acara tertentu lainnya.

Nah bagaimana, Anda tertarik ? jika tertarik dengan souvenir ini tapi Anda tidak sedang berwisata ke Jogja atau Anda orang Jogja perantauan yang berminat memiliki souvenir ini. Anda cukup melakukan order secara online melalui website ini atau bisa juga menghubungi no. Hp dan alamat email yang tertera di website.

Semoga souvenir bambu ini dapat dikenal dan diterima oleh masyarakat luas dengan cepat serta mampu mensejajarkan diri dengan produk-produk souvenir khas Jogja yang telah lama populer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*